Selamat Datang di Blog Paroki Lubang Buaya Gereja Kalvari dan Gereja Sta. Catharina - Jakarta Timur
Dekanat Bekasi - Keuskupan Agung Jakarta

17 Agustus 2018

UCAPAN USKUP KAJ DALAM RANGKA HUT RI KE 73


Youtube

Saudari saudara terkasih,

Kita bersyukur, kita merayakan Hari Ulang Tahun ke-73 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Sebagai orang beriman kita yakin, bahwa kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, rangkaian sejarah sebelum dan sesudahnya adalah karya agung Tuhan. 

Karya agung ini dilaksanakan melalui para perintis, para pendiri bangsa dan negara ini, para pahlawan dan semua komponen bangsa, dengan peran dan cara yang berbeda-beda. 
Keyakinan inilah yang kita ungkapkan di dalam Prefasi Tanah Air, yang sangat indah. 

Bunyinya begini : Sepanjang sejarah, Engkau mencurahkan kasih sayang yang besar kepada bangsa kami, Engkau menumbuhkan kesadaran kami sebagai bangsa. Kami bersyukur kepada-Mu atas bahasa yang mempersatukan kami. Dan atas Pancasila dasar kemerdekaan kami. 

Dalam Doa Prefasi ini, diringkas sejarah panjang bangsa dan negara kita dalam tiga tonggak sejarah yaitu : Kebangkitan Nasional, Sumpah Pemuda dan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. 
Marilah rasa syukur kita, kita wujudkan dengan MERAWAT INGATAN BERSAMA ini yang akan mendorong kita semua untuk ikut memikul tanggung jawab sejarah. Demi Indonesia yang semakin adil, semakin sejahtera dan semakin damai. Dirgahayu Republik Indonesia. 

#humaskaj 
#uskupignatiussuharyo 
#komsoskaj 
#komsoskatedral
#komsoskranji 
#fokuskatedraljakarta 
#hutri73 
#kitabhinnekakitaindonesia 
#tahunpersatuan