Selamat Datang di Blog Paroki Lubang Buaya Gereja Kalvari dan Gereja Sta. Catharina - Jakarta Timur
Dekanat Bekasi - Keuskupan Agung Jakarta

15 Oktober 2020

BAHAN RENUNGAN HARI PANGAN SEDUNIA (HPS) TINGKAT SEKOLAH (TK-SMA/SMK) KOMKAT KAJ 2020

 



KATA PENGANTAR

Selamat   berjumpa   kembali  adek-adek   TK-SMA/K   sekolah   se-Keuskupan Agung Jakarta baik yang Katolik, Swasta Umum dan Sekolah Negeri di manapun kalian berada. Kiranya kalian semua dalam keadaan sehat, baik, selalu bersyukur dan tetap semangat dalam Tuhan. Romo Rudy dari Komisi Kateketik Keuskupan Agung  Jakarta  ingin  menyapa kembali kepada  adek- adek dalam Hari Pangan Sedunia tahun ini. Kita semua saat ini sedang menghadapi pandemi Covid 19. Akibatnya kalian melakukan kegiatan belajar dari rumah dan via online. Tentunya bisa menjadi bosan karena tidak bisasecara langsung belajar dan bertemu teman-teman dan bapak-ibu guru. Namun kita harus tetap optimis dan bersyukur karena masih bisa berkomunikasi.

Amalkan  Pancasila:  Kita  Adil,  Bangsa  Sejahtera  merupakan  tema  yang diangkat  oleh  Keuskupan Agung Jakarta menjadi Arah Dasar tahun 2020-2021. Adek-adek semua adalah bagian dari umat KAJ karenanya bisa hafal dan tahu tentang tema tersebut. Melalui tema itu kita diajak untuk tidak pernah henti berjuang menegakkan keadilan dalam mencapai kesejahteraan bangsa kita dengan tindakan nyata mulai dari rumah, sekolah dan yang lainnya. Berdasarkan kerangka tema arah dasar KAJ itu, kita merenungkan dan mewujudkan Hari Pangan Sedunia yang kita peringati 18 Oktober. Tema besar hari Pangan sedunia tahun ini ialah “Makan Sehat, Menanam dan Berbagi”

Sungguh sebuah karya Roh Kudus untuk Gereja KAJ, di mana tema hari pangan sedunia ini hadir ketika seluruh umat manusia mengalami situasi yang tidak mudah karena merebaknya wabah virus Corona. Situasi itulah yang mendorong seluruh umat KAJ untuk melakukan penanaman sayur, buah-buahan, selain itu juga bertindak secara nyata bagi sesama yang berkekurangan yang sulit mendapatkan makanan yang sehat dan bergizi.

Dalam memaknai Hari Pangan sedunia ini, Komisi Kateketik KAJ menyediakan renungan-renungan harian untuk kalian semua mulai dari jenjang TK, SD, SMP dan SMA/K. Bahan ini bisa menjadi salah satu sarana kalian untuk makin mengenal dan mendalami bacaan-bacaan Kitab Suci, sehingga menjadi kekuatan dan pedoman untuk mewujudnyatakan tema Hari Pangan ini dengan berbagai macam bentuk dan cara.

Romo Rudy ingin mengucapkan terima kasih kepada para penyusun yang pastinya telah meluangkan waktu dan pikiran untuk membuat bahan-bahan ini. Diucapkan terima kasih kepada: Ibu Ancela Lioktriani Rante, Ibu Yulianti Hadinda, Ibu Brigita, Pak Lilik, Ibu Ari, Pak Dody, Ibu Martina, Ibu Ignatia, Maria, Madelin, Pak Kornelis, Pak Edison. Romo juga mengucapkan terima kasih kepada tim korektor yakni Mas Andreas Bangun Wibawa dan Ibu Theresia Eka Murti.

Semoga bahan renungan ini dapat menumbuhkan iman kalian dalam mengisi Bulan hari Pangan Sedunia ini, selain   juga dengan kegiatan yang lainnya. Dengan demikian kalian pun dapat menimba hal-hal yang baik untuk menjadi pribadi-pribadi yang turut serta menjaga lingkungan hidup, menciptakan ketahanan pangan dan pada akhirnya kita semua dapat berbagi kepada sesama dengan penuh sukacita dan gembira.